Home » » Tidak sekedar BENAR atau SALAH

Tidak sekedar BENAR atau SALAH

Written By BAGUS herwindro on Dec 12, 2012 | December 12, 2012

Kalau membahas tentang benar dan salah saya kira tak ada ada kebenaran yang betul-betul kebenaran dan sebaliknya tak ada pula kesalahan yang betul-betul kesalahan, bila dilihat dari situasi dan kondisi yang melingkupi sesuatu sehingga dikatakan salah atau benar.

Bisa jadi yang disebut salah itu adalah sesuatu yang benar namun tidak diletakkan pada situasi, kondisi, waktu dan ruang yang tepat. Karena itu, orang jawa mengatakan ora mung bener, nanging kudu pener, tidak hanya benar tapi juga harus pas. Selembar kertas kosong bisa jadi menjadi suatu hal yang salah manakala selembar kertas kosong itu hanya dibuang begitu saja di lantai, sebab itu sama artinya menjadikan kertas kosong itu menjadi sampah yang dibuang tidak atau bukan pada tempatnya.

Lebih jauh dari itu, benar atau salah tidak bisa hanya dihukumi dengan parameter nilai  yang baku saja, katakanlah dalil tentang boleh atau tidak, halal atau haram dan sebagainya. Misalnya, menghadapi seorang pengemis, tak ada satu dalil pun yang akan mengatakan diri kita salah, neraka tempatnya, manakala kita tidak mau memberi sesuatu kepada pengemis itu, namun saat takaran nilai yang dipakai adalah akhlaq ~ akhlaq hamba di hadapan Tuhannya, maka hal yang demikian itu adalah sesuatu yang kurang pantas untuk dilakukan.

Maka akhlaq letaknya di atas hukum, sebab akhlaq melampaui masalah benar salah, boleh tidak dan seterusnya, Akhlaqlah yang dapat menuntun seseorang yang sudah menjalankan kebaikan sesuai hukum yang ada menjadi lebih dan semakin baik lagi, kebaikannya bertambah dan itu membutuhkan kepekaan dari masing-masing orang.

Tidak sekedar benar atau salah, namun yang diperlukan adalah kepekaan akhlaq, hingga yang sudah baik akan bertambah kebaikannya.


:: Meresap [mencoba memahami & menginterpretasikan secara umum] dawuh hikmah #3, KH. Imron Djamil, PP. Kyai Mojo, Jombang.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment








IG
@bagusherwindro

Facebook
https://web.facebook.com/masden.bagus

Fanspage
https://web.facebook.com/BAGUSherwindro

Telegram
@BAGUSherwindro

TelegramChannel
@denBAGUSotre

Path
https://path.com/id/bagusherwindro

bca
No. 389 0454 088
a/n. R Bagus Herwindro SE

mandiri
No. 142 000 4584 099
a/n. R Bagus Herwindro SE

Follow by Email

 
Support : den BAGUS | BAGUS Otre | BAGUS Waelah
Copyright © 2013. den Bagus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger