Home » » Jadi BIASA, bukan ISTIMEWA

Jadi BIASA, bukan ISTIMEWA

Written By BAGUS herwindro on Dec 12, 2012 | December 12, 2012

Manusia selamanya tidak akan pernah menjadi luar biasa dengan menjadi istimewa, sebab menjadi istimewa berarti hanya mempunyai salah satu aspek dalam kehidupannya saja yang lebih dan ini yang sering menggelincirkan manusia dari rasa kehambaanya di hadapan Gusti Allah. Ini masalah hati. Padahal sebenarnya manusia itu dinilai luar biasa di hadapan Gusti Allah dengan menjadi biasa, dalam arti menjadi manusia biasa hambanya Gusti Allah yang rela menjalani ketentuan takdirNya, menjadi manusia biasa yang juga mengalami sedih, gembira, bahagia, sakit, sehat dan seterusnya dan sebagainya.

Para auliya, para waliy itu, bahkan Kanjeng Nabi pun adalah manusia biasa, namun beliau-beliau terlihat
luar biasa atau bahkan banyak dikatakan shakti sebenarnya bukan karena apa-apa namun karena sabarnya lebih, syukurnya lebih dan relanya juga lebih. Itulah akhlaq dan akhlaqnya itulah yang membedakan. Itulah sebenarnya yang harus diteladani dalam menjalankan ke”biasa”an kita masing-masing sebagai hambaNya.

Sebab kehidupan yang kita jalani ini sebenarnya sederhana, tidak lepas dari empat hal saja, yaitu benar, salah, enak dan tidak enak. Namun saat bertemu dengan empat hal itu, haruslah disikapi dengan segera mencarikan pasangannya masing-masing. Maksudnya adalah bahwa kalau sedang dalam kondisi tidak enak yang harus dicarikan pasangannya yaitu sabar. Kalau dalam kondisi enak ya harus syukur, kalau sedang salah ya harus segera bertaubat dan kalau sedang benar atau dalam ketaatan ya harus memandang hal itu sebagai anugerahnya Gusti Allah. Itu saja.

Belajar lebih sabar, belajar lebih syukur, belajar lebih rela, itulah akhlaq.


:: Meresap [mencoba memahami & menginterpretasikan secara umum] dawuh hikmah #2, KH. Imron Djamil, PP. Kyai Mojo, Jombang.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment








IG
@bagusherwindro

Facebook
https://web.facebook.com/masden.bagus

Fanspage
https://web.facebook.com/BAGUSherwindro

Telegram
@BAGUSherwindro

TelegramChannel
@denBAGUSotre

Path
https://path.com/id/bagusherwindro

bca
No. 389 0454 088
a/n. R Bagus Herwindro SE

mandiri
No. 142 000 4584 099
a/n. R Bagus Herwindro SE

Follow by Email

 
Support : den BAGUS | BAGUS Otre | BAGUS Waelah
Copyright © 2013. den Bagus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger