Home » » SKAK !!!

SKAK !!!

Written By BAGUS herwindro on Dec 10, 2012 | December 10, 2012

Sebuah permainan, apa pun itu, selalu mempunyai aturan-aturan yang baku meskipun di dalam memainkannya masing-masing peserta bisa dan boleh berimprovisasi selama masih dalam koridor aturan permainan. Biasanya pula dalam sebuah permainan tak lepas dari senda gurau.

Yang perlu dipertanyakan adalah, apa sih sebenarnya tujuan dari sebuah permainan itu ? Sebuah permainan biasanya tak lepas dari unsur menang atau kalah, berhasil atau gagal atau makna lain yang berlawanan. Lalu apakah dari makna menang atau berhasil itu selalu akan terus terjadi ? Tentunya tidak. Begitu pun dari makna kalah atau gagal, hal itu pun tidak selalu demikian. Strategi itu harus, tetapi tetap saja ada hal-hal atau faktor-faktor yang tidak bisa dikendalikan.

Kalah atau menang, berhasil atau gagal dan makna lain yang berlawanan itu adalah hal yang biasa yang selalu datang silih berganti.

Kembali lagi ke pertanyaan tentang tujuan, andai tujuannya adalah menang atau berhasil, lalu kalau sudah menang atau berhasil mau apa ? Seandainya sebaliknya, kalau kenyataannya kalah atau gagal, lalu mau apa juga ? Kalau menang pun tentunya akan terus bermain kan ? Tidak kemudian berhenti dan tidak mau bermain lagi. Begitu pun kalau kalah, bukankah berikutnya tetap terus melanjutkan permainan dan bukannya terus berhenti tidak mau bermain lagi.

He… he… he… jadi mungkin bahwa dalam suatu permainan tidaklah usah fokus pada menang kalahnya atau berhasil gagalnya apalagi sampai menjadikannya sebagai tujuan, sebab seharusnya yang menjadi fokus perhatian adalah bagaimana bermain dengan sebaik-baiknya, itu saja.

Dalam permainan dan senda gurau, di situlah terdapat cermin bagi kehidupan. Ada aturan dan peran yang harus dijalani dengan sebaik-baiknya. Punya tanggung jwab, ya bekerja, sakit ya berobat, demikian seterusnya dan demikian pula sebagainya.

Ibarat permainan catur, saat skak mat pun yang berarti mati alias kalah alias buyar, ya ditata lagi, ya main lagi, semangat lagi. Lanjut. Hidup selalu baru dan selalau ada harapan baru.

SKAK, kalah, buyar, yo ditoto maneh, main maneh.


:: Meresap [mencoba memahami & menginterpretasikan secara umum] dawuh hikmah #1, KH. Imron Djamil, PP. Kyai Mojo, Jombang.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment








IG
@bagusherwindro

Facebook
https://web.facebook.com/masden.bagus

Fanspage
https://web.facebook.com/BAGUSherwindro

Telegram
@BAGUSherwindro

TelegramChannel
@denBAGUSotre

Path
https://path.com/id/bagusherwindro

bca
No. 389 0454 088
a/n. R Bagus Herwindro SE

mandiri
No. 142 000 4584 099
a/n. R Bagus Herwindro SE

Follow by Email

 
Support : den BAGUS | BAGUS Otre | BAGUS Waelah
Copyright © 2013. den Bagus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger