Home » » Masalah

Masalah

Written By BAGUS herwindro on Jun 9, 2008 | June 09, 2008

Maaf, bukannya sombong, bukannya promosi atau mau menyaingi paranormal yang pasang iklan di media masa, tetapi kalau anda punya masalah apa pun itu : jodoh, bisnis, penyakit, relasi, karir, keturunan, rumah tangga atau yang lainnya apalagi sekarang situasi yang ruwet dengan kenaikan BBM, tenang saja silakan jangan datang ke alamat saya atau jangan hubungi nomor HP saya, he... he... datang saja ke gusti Allah. Lha iya to ... wong memang hanya Allah tempat kita menghambakan diri, tempat kita memohon pertolongan dan tempat kita berkeluh kesah. Apalagi, bukankah dunia itu memang tempatnya masalah dan saya yakin di bawah setiap atap rumah, pasti ada masalah, apa pun itu. Saya sendiri pun banyak masalah, hutang – masih banyak, pekerjaan – tidak menjanjikan, saudara – banyak yang belum berjodoh, saudara juga – ada yang sakit psikis, ortang tua – konflik sama saudara, teman - wah tambah akeh sing sambatan (malah banyak yang berkeluh kesah).

Masalahnya adalah, apakah masalah tersebut menjadi masalah bagi diri kita ?

Pernah di suatu hari yang lalu, waktu sedang ada di kantor, tiba-tiba saja tanpa saya kehendaki dalam waktu sekian detik terlintas suatu gambaran tentang permasalahan yang sedang saya hadapi, tetapi anehnya begitu rasa sedih mulai muncul ketika itu juga saya melihat diri saya sendiri sedang tertawa terbahak-bahak tanpa bisa ditahan, tidak jadi sedih karena ingat kalau masalah itu datangnya dari Allah, berarti yang memberi masalah itu juga Allah. Kalau diberi harusnya berterima kasih, berarti harus bersyukur kepada Allah. Oh... makanya saya malah tertawa tidak jadi sedih karena memandang masalah itu merupakan anugerah sehingga dengan adanya masalah itu potensi diri kita bisa lebih tereksplorasi yang nantinya akan semakin menguatkan keyakinan kita bahwa maslah yang dibebankan kepada kita pasti tidak akan melebihi takaran kekuatan kita dalam menanggungnya. Alhamdulillah, rasanya saya sedang diingatkan.

Setelah direnungkan lagi sesuai referensi pengalaman yang telah lalu, ternyata masalah itu ada tiga kategori penyelesaian. Ada masalah yang penyelesaiannya cepat, lama dan yang entah kapan selesainya. Yang penting bagaimana saya harus bisa menata hati sebagaiman selama ini. Tetap sabar dalam menjalani proses ikhtiar penyelesaiannya, tidak ngresulo/mengeluh dan yakin pertolongan Allah pasti akan datang dan semuanya berakhir bahagia/penuh hikmah. Pokoknya berjuang terus, berlatih terus untuk selalu sabar-syukur-ridho. SEMANGAT !!!

Jadi ingat kisah Syaikh Athaillah yang mengadukan permasalahan yang mengganjal hati Beliau kepada guru mursyidnya, Syaikh Abdul Abbas Al Mursy, yang kemudian menasihatkan bahwa hak hamba kepada Allah itu ada empat, yaitu : jika kita bisa berlaku tha-at maka hak kita adalah meyakini bahwa tha-at itu adalah merupakan anugerah Allah semata dan bukan karena usaha kita sendiri, jika kita berbuat dosa atau maksiat maka hak kita adalah segera bertobat, jika kita mendapat nikmat maka hak kita adalah bersyukur dan jika kita mendapat cobaan hak kita adalah bersabar. Tha-at, maksiat, nikmat dan cobaan, itu saja kan lingkar persoalan kehidupan kita. Jadi, kenapa bingung ?

Blom ada jalan keluar ? Ya... biarin aja. Gitu aja kok repot !!!

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment








IG
@bagusherwindro

Facebook
https://web.facebook.com/masden.bagus

Fanspage
https://web.facebook.com/BAGUSherwindro

Telegram
@BAGUSherwindro

TelegramChannel
@denBAGUSotre

Path
https://path.com/id/bagusherwindro

bca
No. 389 0454 088
a/n. R Bagus Herwindro SE

mandiri
No. 142 000 4584 099
a/n. R Bagus Herwindro SE

Follow by Email

 
Support : den BAGUS | BAGUS Otre | BAGUS Waelah
Copyright © 2013. den Bagus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger