Home » » Kelurahan-kelurahan......

Kelurahan-kelurahan......

Written By BAGUS herwindro on Jun 8, 2007 | June 08, 2007

Pagi tadi sebelum ke kantor, aku mampir dulu ke Kelurahan DUKUH SUTOREJO Kecamatan Mulyorejo Surabaya untuk 3 kepenntingan : siji ngurus KTP-ku, lorongurus KTP-ne mbakyuku, telu ngurus akta kelahiran-ne anakku sing nomor telu.

Jam setengah sembilan nyampe sana, pegawainya yang datang baru 4 orang, trus dilayani salah seorang di antaranya. Ternyata ada SK Walikota tentang Satu Jiwa Satu Pohon untuk setiap kelahiran baru demi kepedulian lingkungan. WOW program yang bagus, bayangkan kalau sebulan ada seribu kelahiran berarti ada seribu pohon yang ditanam untuk meneduhkan Surabaya yang panasnya ugal-ugalan. Ada surat pernyataan kesediaan menyumbang pohon dengan syarat-syarat tertentu. Surat tersebut baru ditandatangani Lurah kalo pohon sudah tersedia. BAGUS. tapi biasanya orang kan engga mo repot bolak-balik ke kelurahan - masuk kerja kan, tinggal bayar aja harga satu pohon dan pegawai situ yang merealisasikan. Masalahnya apakah pembelian itu benar-benar terealisasi, atau kalo emang dah terealisasi, gimana follow up-nya : ditanam di mana, siapa yang merawat ?

Sepertinya harus ada berita acaranya ya ? Biar jelas benar-benar 1 jiwa 1 pohon.

Ah, beli aja di kelurahan, kan nyediain itu pohon. Rp. 35.000,00

Ngurus KTP untuk 2 orang berarti blangkonya juga 2 x Rp. 5.000,00, jadinya Rp. 10.000,00

Blanko pencatatan kelahiran Rp. 15.000,00

Biaya nulis di blanko Rp. 5.000,00

Total biaya di kelurahan Rp. 65.000,00 - bisa buat makan siang 10 hari, cucian deh lo, cuci mulut aja 10 hari engga usah makan !!!

Blanko KTP cukup Sekretris Kelurahan yang teken, jadi langsung bisa ke Kecamatan, ada biaya Rp. 5.000,00 per KTP, Rp. 10.000,00 per KSK.

Pencatatan Kelahiran harus Yang Terhormat Bapak Lurah, asyiknya lagi Beliau sedang tidak ada di tempat. BAGUS. Habis Jumatan suruh balik lagi. OTRE BOS !

Habis Jumatan kesana lagi, eh ... Beliaunya juga belum datang. Suasana kantornya engga rapi sama sekali. Kok bisa ya kerja dengan lingkungan yang tidak rapi. Padahal kata guruku kalo mo belajar menata hati harus dimulai menata hal-hal kecil di sekitar kita yang jarang diperhatikan, ex : kerapian kumis atau jenggot atau rambut kita, kebersihan dan kerapian meja kerja, cara mengatur sepatu di rak, de el el de el el. Alhamdulillah NUNGGU. Empat orang pegawainya main domino terus sambil minum coca cola, sprite, mega mendung en joshua. Seorang sing cewe' macak terus.Sing cewe' sijine makan siang habis itu pegang DONGKRAK atawa tusuk gigi nyutik-i sisa-sisa makanan atawa slilit yang nempel di gigi, diputar-putar di seluruh gigi engga ditutupi lagi. IIHHH JOROK BANGET - Sungguh terlalu.....

Satunya melayani tamu termasuk aku. Sampe jam 2 belum datang juga, terpaksa aku tinggal ke kecamatan ambil KTP. Dengan senyum manis yang kupaksakan dan tatapan mata yang tajam aku bilang "Baiklah, Senin aja saya kesini mengambil itu, assalamu'alaikum...."

WOW HEBAT BANGET PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI NEGERI INI.

Di kecamatan KTP-ku dah jadi tinggal ambil.

Semoga Senin besok dah selesai. Tapi berapa lagi ya biaya untuk Akta Kelahiran di Kantor Catatan Sipil ? Semoga GRATIS. Semoga SATU JIWA DAPAT SATU SOUVENIR.

AAMIIN.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

IG
@bagusherwindro

Facebook
https://web.facebook.com/masden.bagus

Fanspage
https://web.facebook.com/BAGUSherwindro

Telegram
@BAGUSherwindro

TelegramChannel
@denBAGUSotre

 
Support : den BAGUS | BAGUS Otre | BAGUS Waelah
Copyright © 2013. den Bagus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger