Home » , » Mengenang yang menambah syukur

Mengenang yang menambah syukur

Written By BAGUS herwindro on Feb 27, 2008 | February 27, 2008

Jangan mengenang masa lalu jika hanya untuk disesali, yang terjadi biarlah terjadi karena memang begitulah yang seharusnya harus terjadi. Itulah yang terbaik bagi kita yang tentu selalu ada hikmah yang ada dibaliknya yang harus kita temukan. Kenanglah masa lalu jika hal itu bisa menambah rasa syukur kita kepada-Nya, Allah SWT. Jangan juga mengangankan masa depan jika hanya membuat hati resah dan ragu akan jaminan serta pemeliharaan Allah pada diri kita. Rancanglah masa depan sebaik mungkin dengan tindakan nyata dengan diiringi berserah diri kepada Allah dan yakin bahwa di depan sana terbentang luas kasih sayang-Nya kepada kita. Hiduplah pada hari ini dengan kekuatan penuh, tanpa penyesalan terhadap masa lalu dan tanpa keresahan terhadap masa yang akan datang.

Ingat-ingat masa lalu ah.....

Dulu tahun ’92 ketika lulus SMA dan mengadakan unjuk rasa ala Bagus dengan tidak berniat kuliah lagi sehingga UMPTN tidak lolos (sudah tahu hasilnya, soalnya memang sengaja), ortu nyuruh nerusin kuliah di swasta sampai ibuku pake acara nangis segala biar aku mau kuliah lagi. Tapi waktu itu aku punya ketetapan hati kalo aku engga mau nerusin kuliah di swasta, alasannya jelas yaitu tahun depan aku mau ikutan UMPTN lagi. Lha kalo misalnya keterima kan yang setahun di swasta jadi sia-sia, jadi aku milih ikutan kursus aja selama setahun biar ada manfaatnya bagiku, karena aku tidak tahu apa yang ada di depanku nanti. Begitu alasanku. Kalu tahun depan engga keterima lagi, baru aku mau nerusin kuliah di swasta. Jadilah aku ikutan kursus di Concordia Computer Centre Jl. Undaan Wetan Surabaya ngambil Pendidikan Komputer Aplikasi Bisnis Moderen selama satu tahun. Alhamdulillah keyakinanku jadi kenyataan. Tahun ’93 sempat mampir seminggu di STTS buat siap-siap kalo engga keterima UMPTN, akhirnya keterima juga di UNAIR, Fak. Ekonomi jurusan Studi Pembangunan. Engga jadi kuliah di STTS yang mahalnya minta ampun, malah punya modal keterampilan komputer.

Bersamaan kuliah, Nopember ’93 aku nyambi jadi pengajar komputer part time, di Institut Dinasti Jl. A.Yani Surabaya (satu deret dengan kejaksaan, di tikungan masuk ke jalan ketintang baru, sekarang jadi AHASS) dengan honor pertama Rp. 2.500,- per jam. Sebulan dapatnya egga tentu tergantung jumlah jam mengajar. Wah perjuangan betul waktu itu pokoknya, tetapi alhamdulillah bila saat ini aku mengenang masa-masa itu sungguh indah, ternyata ada kasih sayang Allah yang demikian besar di balik itu. Dari hasil itu aku bisa sedikit berbagi dengan ibuku dan adikku, bisa buat beli bensin, buku dan jajan sendiri pokoknya biar sedikit tetapi barakah sehingga bisa ngerasakan nikmatnya.

Ketika Dinasti mulai surut, eh... alhamdulillah pertengahan ’94 aku ditarik sama Bos ke Institut Minerva Jl. Manyar 59 C & Jl. Pumpungan III. Mulai ngajar kelas biasa, terus pernah ngajar para instrukturnya Diklat BRI Wonocolo dan terakhir ngajar kelas sekretaris. Alhamdulillah peningkatan pendapatan. Ada salah satu instruktur Minerva yang juga punya kursusan sendiri di rumah dan aku diminta membantu ngajar, alhamdulillah dapat penghasilan tambahan lagi. Eh... tahu-tahu ada teman kursus ngebel ke rumah minta tolong ngegantiin ngajar in house training di perusahaan ekspekdisi kapal laut di Perak Barat sana Yang Ming Line namanya. Dapat jatah 10 jam mengajar kalo engga salah, total dapat Rp. 1.100.000,- Alhamdulillah bisa beli printer bubble jetnya Canon, upgrade komputer, beli jam tangan dan tak lupa berbagi dengan ibu dan adikku. Kalo engga salah Agustus ’95 rencananya akan ada kegiatan Latihan Nasional di Yogyakarta dari salah satu perguruan silat yang waktu itu masih aku ikuti. Wah... dapat duit dari mana ya ? Minta ortu, ah engga lah, apalagi berdua sama adikku. Ee... ndilalah kersaning Allah dari kursusan teman instruktur di Minerva ada satu muridku yang minta tolong ngebetulin kompi suaminya yang sering ngadat akibat diinstal Windows 95 dari yang semula Windows 3.11. Namanya dimintai tolong ya... siap grak.... berangkat ke Prapen Indah Timur III/AA-35 (yang rumahnya saat ini sedang aku jualin). Rumahnya bagus banget, masuk ke ruang kerjanya, wuih... ngiler aku, perangkat kompinya lengkap en canggih. Begitu kompi dinyalaain... deg.... mati aku, widowsnya bahasa Jerman (yang punya emang orang jerman, jadi orisinil Jerman). Itu pertama kali aku lihat tampilan Windows 95, bahasa Jerman lagi. Ruangan yang dingin karena AC engga cukup ampuh buat ngebendung keringatku yang deras menetes sebutiran jagung (habis senewen sih... :P). Akhirnya engga berhasil !!! (isin rek). Udah engga berhasil dikasih amplopan lagi, tadinya sih aku engga mau karena niatku emang ngebantuin dia, tapi karena dipaksa ya aku terima, rejeki nih. Sampe di rumah aku buka amplop itu, alhamdulillah cukup buat ngebiayain berangkat ke Yogya sama adikku plus sangunya.

Tahun ’97 ada jadual KKN yang harus aku ikuti. Mikir juga, KKN-nya Unair kan 2 bulan sendiri kalo engga di Blitar ya Gresik, dapat duit dari mana aku kalau engga ngajar, trus biaya KKN juga blom ada. Wis pasrah wae ! Ternyata, alhamdulillah lagi, sebelum masa akhir pembayaran KKN ada teman datang minta tolong ngajar calon istrinya yang kuliah di STIESIA karena tertinggal mata kuliah komputer. Beberapa hari kemudian ada satu teman lagi ngebel ke rumah nawarin ngajar salah satu dosen Universitas Cenderawasih Irian yang datang ke Surabaya buat belajar programming komputer. Siap BOS, berangkat ngajar, biaya KKN terpenuhi plus sangunya. Alhamdulillah aku dapat lokasi KKN di Gresik, jadi selepas maghrib aku langsung cabut ke Surabaya, tetap ngajar, trus selesai ngajar langsung balik lagi ke Gresik. Beres deh !!!

Selesai KKN, ya tahun ’97 itu juga, Minerva udah mulai surut dan tidak kondusif, kebetulan ada lowongan tenaga pengajar di LP3i Surabaya, trus aku coba ngelamar di situ. Mestinya yang dicari minimal S1, padahal aku kan blom kelar kuliahku tetapi ada satu mata kuliah yang aku bisa memegangnya yaitu komputer akuntansi (pake daceasy accounting) soalnya S1 komputernya engga bisa akuntansi en S1 akuntansinya engga ada yang bisa komputer. Jadi deh ngajar di LP3i. Peningkatan honor ngajar. Alhamdulillah. Tetapi di LP3i pun ada saat-saat lowong ketika liburan semester dan itu pun tidak ada pemberitahuan dari pihak LP3i apakah masih memerlukan tenagaku atau tidak (itu sayangnya LP3i). Aku ngajar di LP3i kurang lebih 2 tahun mulai ’97 – ’99. Dalam rentang itu juga ada satu kejadian yang ternyata hal itu juga merupakan pengaturan dari Allah yang begitu indah. Pada bulan November ’98 aku masih punya sedikit simpanan uang yang entah kenapa blom aku gunakan, biasanya sih kalo punya uang pasti habis buat beli buku, engga banyak sih jumlahnya cuma Rp. 200.000,00 dan itu aku simpan di laci meja komputerku. Ya hari itu kalo engga salah tanggal 26 November 1998 sepulang ngajar di LP3i sekitar jam 11.00 pengennya aku mo ke Gramedia. Tapi entah kenapa kok pikiranku agak ngelantur sehingga aku nyetir sepeda motor aku arahkan pulang ke rumah. Ternyata sampai rumah ibu dan adikku dah siap-siap berangkat ke RS soalnya dapat kabar kalo ayahku di RS, padahal paginya waktu aku berangkat masih duduk-duduk di depan rumah ngobrol sama tetangga. Akhirnya sisa uang yang masih aku simpan di laci aku berikan ke ibu. Benarlah, ternyata ayahku saat itu sudah meninggal dunia dalam perjalanan menuju kantor. Pada hari itu ternyata kakakku yang nomor 2 juga sedang mengambil cuti, sedangkan kakakku yang nomor 1 baru saja akan berangkat ke Jakarta. Jadinya pas, saat ayahku meninggal, semua rasanya sudah digerakkan oleh Allah untuk ngumpul.

Antara ’98 – ’99 aku pernah mengalami masa lowong karena liburan semester di LP3i sedangkan minerva juga dah engga ada kelas. Lagi bokek bener waktu itu. Ah...pasrah aja deh. Siang-siang sambil nonton berita di TV, ujug-ujug teman lamaku telpon minta tolong buat ngajar materi yang di tidak mampu. Aku diberi nomor telpon si calon murid. Aku hubungi dia, ternyata di kuliah di Australia dan dalam rangka liburan masih ada tugas yang harus dikumpulkan via email. Tugasnya merancang aplikasi scenarios juga pivot table dengan menggunakan Excel juga membuat template-nya Word. Aku masang tarif 1 jam Rp. 100.000,00. Alhamdulillah cuma ngajar 2 jam dapat Rp. 200.000,00.

Tahun 2000, karena di LP3i tenagaku dah engga diperlukan lagi (engga ada pemberitahuan), sedangkan di Minerva juga dah tutup, kan dah harus mikir kerjaan tetap. Alahamdulillah ada temen ngontak ngajak ngelamar jadi staf pengajar komputer di MCC Jl. Citarum. Berangkat ke sana bersama, ternyata dia malah yang engga diterima. Di MCC itu susah sekali waktu itu, kerjanya mulai jam 7 pagi sampe jam 5 sore, gajinya Rp. 600.000,-. Ngajar komputer anak-anak SMA, juga SMEA, pernah juga anak-anak SD Al Falah. Bosnya minta ampun deh, kalo marah kayak setan (sory lho Bu Meti, he... he...), kasihan teman-teman, tapi alhamdulillah kalo sama aku engga begitu. Ya... tahun 2000 itulah aku lulus kuliah (terpaksa soalnya, kan dah 7 tahun : 1993-2000, kalo tahun itu engga lulus - alamat gelarnya bukan SE melainkan MSc – medal saking campus :D alias di-DO). Tahun 2001 kan rencana Nikah tetapi suasana kerja rasanya dah engga kuat, jadinya aku niatkan keluar kerja. Pertam ijin calon istri dulu, diijinkan. Trus ijin sama ibuku, tadinya sih tidak diijinkan kan cari kerja juga susah, tetapi aku bilang ke ibuku bahwa aku yakin insya Allah sebelum 3 bulan aku pasti dapat kerjaan baru. Akhirnya 31 Desember 2000 aku resign.

Alhamdulillah lagi bulan Februari 2001 tetanggaku yang jadi Bosku sampai saat ini ngebel ke rumah nawarin kerjaan (perushaan kontraktor), Ya Allah surprise banget, ya udah aku terima aja, mulai masuk kerja tanggal 23 Februari 2001 terus sampe sekarang. He.. he... sekarang anakku dah 3 kebutuhan juga makin banyak, jadi mungkin kalo ada yang perlu tenagaku mo ngajakin aku kerja langsung aja ngebel ke Hpku (hi... hi.... promosi nih !), atau mungkin yang punya usaha tapi engga ada yang ngejalanin, insya Allah Bagus siap menjalankan.

Ya.... masih banyak kebetulan-kebetulan lain yang semestinya bukan kebetulan karena Allah sudah mengaturnya, kalo ditulis semua engga selesai-selesai. Tetapi satu hal, hikmah yang bisa aku petik adalah : KEYAKINAN dan PENGATURAN. Begitu kita yakin sama Allah, begitu juga Allah akan membuktikan tentang apa yang kita yakini tentang-Nya. Kan dalam salah satu hadits Qudsi Allah berfirman bahwa Allah itu tergantung terhdap persangkaan hamba-Nya terhadap-Nya. Disamping itu, ternyata memang semua sudah diatur oleh-Nya dengan begitu detil dan terperinci walau pun kita tidak mengetahui. Sehingga tugas hati kita adalah meyakini pengaturan-Nya dalam setiap detik kehidupan kita dan mengiringi dengan berdzikir kepada-Nya, sedangkangkan tugas akal pikiran kita adalah mengoptimalkan seluruh potensi kehidupan yang telah dikaruniakan-Nya kepada kita untuk mencapai yang terbaik yang bisa kita capai dalam kehidupan kita, tentu saja dalam skala dunia-akhirat.

Yaa Allah mudahkanlah segala urusanku..... aamiin.

Share this article :
Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. mas tarif ngajar di LP3i berapa ya???
    tolong dijawab by email ke ekawren@yahoo.com yaa...

    Trims

    ReplyDelete

IG
@bagusherwindro

Facebook
https://web.facebook.com/masden.bagus

Fanspage
https://web.facebook.com/BAGUSherwindro

Telegram
@BAGUSherwindro

TelegramChannel
@denBAGUSotre

 
Support : den BAGUS | BAGUS Otre | BAGUS Waelah
Copyright © 2013. den Bagus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger