Home » » Sudahkah belum ...

Sudahkah belum ...

Written By BAGUS herwindro on Jun 2, 2013 | June 02, 2013

Dengan tiga batang hio dalam genggaman tangan terangkat di depan dahi, sambil bibirnya komat-kamit melisankan sesuatu rangkaian doa atau entahlah apa, dia berdiri membelakangi tokonya. Sebuah toko bangunan di tepi jalan kembar yang dipisahkan median jalan yang cukup asri yang kebetulan terlintasi olehku saat usai mengantar si hebat Alia sekolah di kisaran jam tujuh pagi kala itu.

Sebuah ritual yang kira-kira selalu dilakukan olehnya di setiap pagi. Bukan soal ritualnya, bukan soal agamnya, bukan soal perbandingan agamanya, bukan pula soal benar-salahnya yang selalu relatif, namun saya menangkapnya sebagai sebuah cermin realita untuk dan terutama bagi diri sendiri.

Apa pun agama yang dianut oleh seseorang sebagai sebuah system kepercayaan dalam hidupnya, pasti dia memahami ada satu sosok yang super duper alias paling tinggi di luar keseluruhan kehidupan dan alam semesta dan itulah yang disebut sebagai TUHAN. Dia yang memahami itu pun kemudian disebut bertuhan.

TUHAN memang abstrak, tak terjangkau oleh pikiran, tak terindra oleh mata atau pun telinga, namun TUHAN bisa dipahami melalui rasa. Hanya tidak semua manusia mau dan mampu mengolah rasanya untuk mengenal TUHANnya, hingga yang mengaku bertuhan pun belum tentu benar-benar bertuhan TUHAN, belum tentu mengenal TUHAN, belum tentu dekat TUHAN, belum tentu pula merasakan TUHAN dan belum tentu juga mendasari seluruh hidupnya demi TUHAN hingga tak ada yang keluar dari dirinya melainkan manfaat sebagaimana lebah.

Saya juga berTUHAN, namun banyak belumnya. Sudah ah… saya mau mencari belum-belum saya sendiri. Wassalam.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

IG
@bagusherwindro

Facebook
https://web.facebook.com/masden.bagus

Fanspage
https://web.facebook.com/BAGUSherwindro

Telegram
@BAGUSherwindro

TelegramChannel
@denBAGUSotre

 
Support : den BAGUS | BAGUS Otre | BAGUS Waelah
Copyright © 2013. den Bagus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger