Home » , » Khususiyah 18.07.08

Khususiyah 18.07.08

Written By BAGUS herwindro on Jul 21, 2008 | July 21, 2008

Sehabis khususiyah kemarin, sebagaimana biasa Kang Wasi’ berpesan tentang beberapa hal dan kata kuncinya adalah kasunyatan. Maksudnya adalah bahwa dalam berthoriqoh itu, belajarnya adalah pada kasunyatan/kenyataan yang pasti dialami oleh masing-masing murid thoriqoh. Untuk tiap-tiap murid tentu pengalaman atau pun pemahaman yang diperoleh berbeda-beda sesuai kapasitasnya masing-masing dan dari masing-masing murid itulah kita bisa melakukan studi banding.
Syaikh Abu al-Hasan al-Syadzili dan Syaikh Abu al-Abbas al-Mursi juga tidak menulis kitab apa pun, kitabnya ya para murid-muridnya, sehingga kalau mau belajar ya belajar dari murid-muridnya. Demikian juga dengan Syaikh Mustaqim, Syaikh Abdul Jalil maupun Syaikh Sholahuddin menurut Kang Wasi’ juga tidak menulis kitab apa pun, bahkan biografi saja Beliau-Beliau tersebut sebenarnya tidak berkenan. Sehingga pada intinya setiap murid adalah satu kitab tersendiri.
[Suatu hari Syaikh Abil Hasan ditanya seseorang, "Wahai Syekh, mengapa engkau tidak menulis buku-buku yang memberi kami tuntunan kepada Allah SWT ?" Syaikh menjawab, "Bukuku adalah murid-muridku."]
Satu hal lagi yang ditekankan bahwa seharusnyalah seorang murid fanatik pada guru mursyidnya karena tidak ada kecil pun yang dapat disembunyikan dari guru mursyid. Andai seorang murid mungkin suatu saat mendapat isyaroh berupa apa pun juga, maka harus dikonsultasikan kepada guru mursyid tentang makna hakiki dari isyaroh yang ditemanya tersebut.
Demikian sekelumit tentang khususiyah hari Jum’at malam kemarin dan hari ini buku baruku datang via titipan kilat yang rasanya sangat perlu untuk dimiliki, dipelajari dan ditauladani juga dalam rangka bertabaruk (jawa : ngalap barokah) kepada sang penulis dan dua tokoh dalam buku tersebut : Lathâif – al-Minan, Ibnu Athaillah, penerbit Serambi.
Semoga bermanfaat.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment








IG
@bagusherwindro

Facebook
https://web.facebook.com/masden.bagus

Fanspage
https://web.facebook.com/BAGUSherwindro

Telegram
@BAGUSherwindro

TelegramChannel
@denBAGUSotre

Path
https://path.com/id/bagusherwindro

bca
No. 389 0454 088
a/n. R Bagus Herwindro SE

mandiri
No. 142 000 4584 099
a/n. R Bagus Herwindro SE

Follow by Email

 
Support : den BAGUS | BAGUS Otre | BAGUS Waelah
Copyright © 2013. den Bagus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger