Home » » SEREMONI doa

SEREMONI doa

Written By BAGUS herwindro on Oct 26, 2012 | October 26, 2012

Terus terang, diri saya ini masih sering bersandiwara terhadap Gusti Allah. KepadaNYA, saya masih seolah-olah, masih seakan-akan dan masih kelihatannya, belum yang sebenarnya. Kelihatannya wajah saya menghadap, tetapi sesungguhnya membelakangi. Nyadar, maka saya tidak ingin memperparah dengan melakukannya secara berramai-ramai, apalagi kalau saya yang menjadi sponsornya. Bisa gawat keliwat-liwat.

Demikianlah yang terjadi kemarin. Di suatu acara di kampung, di mana semua warga berkumpul, kebetulan saya dimintai tolong dan didapuk untuk memimpin doa. Terpaksa saya mengeluarkan jurus suara sapi ~ emooooohhhhhhhhhhhh. Ndak mau saya. Iya ya iya, tidak ya tidak, sesederhana itu antara ya dan tidak, namun yang tidak sederhana adalah apa yang mendasari ya atau tidak itu. Boleh berBEDA, namun jangan ASAL BEDA.

Bagi saya, doa adalah hal yang sangat pribadi antara manusia dengan Tuhannya. Doa merupakan sebuah sapaan kepada Tuhan dalam bahasa sunyi dari kedalaman relung hati. Doa tak mesti bersuara, sebab itu pikiran merupakan doa juga, demikian pula dengan perasaan, terlebih lagi prasangka, termasuk juga simbol, ia doa juga.

Gawatnya di situ.

Dalam acara-acara seperti itu doa pasti diacarakan. Masalahnya, berapa persen sih yang benar-benar langsung menundukkan hati memohon kepada Ilahi ? Kalau doa diseremonialkan, apakah itu bukan sebuah keterpaksaan ? Kelihatannya saja berdoa, entah kenyataannya. Ini bukan tentang orang lain, tetapi tentang diri saya sendiri. Saya tidak berani menjamin bahwa dengan seremoni doa itu, hati saya langsung tunduk dan menghadapNYA. Lha kalau diri saya sendiri saja seperti itu, kok disuruh memimpin orang lain ? Ya emoh to, dari pada menambah panjangnya daftar sandiwara saya ?

Menghadap namun membelakangi.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

IG
@bagusherwindro

Facebook
https://web.facebook.com/masden.bagus

Fanspage
https://web.facebook.com/BAGUSherwindro

Telegram
@BAGUSherwindro

TelegramChannel
@denBAGUSotre

 
Support : den BAGUS | BAGUS Otre | BAGUS Waelah
Copyright © 2013. den Bagus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger